KULIAH TERBUKA

Laman ini merupakan media komunikasi akademik secara terbuka bagi komunitas akademik, terutama antara dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Universitas Muhammadiyah Surakarta. Meski demikian, media ini terbuka bagi para pembelajar pada konsentrasi keilmuan ini secara luas. Jika ada yang ingin berbagi, silakan kirim ke mjamuin500@ums.ac.id

SKRIPSI TERPILIH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Mohammad Solichin, Peran Pendidikan Islam... (Download) 
Intan Khoirunika, Peran Qoryah Thayyibah ... (Download)
Muhammad Najib Alfaruq, Pendidikan Humanis Ahmad Dahlan... (Download) 
Ari Nur Azizah, Peran Cabang Muhammadiyah... (Download)
Juliyanto, Metode Pembelajaran PAI Pada Ibu-Ibu...(Download)
Ria Rizky W. F., Peran Panti Mardhatillah 1 Dalam Meningkatkan Ibadah,(Download)
Ratno Wibowo, Kesiapan Guru Terhadap Penerapan Kurikulum 2013, (Download)
Yanti, Peran Pimpinan Ranting Muhammadiyah... (Download)
Siti Masruroh Munawaroh, Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri...(Download)
Siti Markhamah, Implikasi Kebijakan Sekolah Gratis..., (Download)
Hidayatul Muniroh, Kontribusi Pengasuh Meningkatkan Hafalan al-quran...(Download)
Makrim Tabe, Model Pembentukan Akhlaq Mulia... (Download)

PPT UJIAN SKRIPSI

Dian, Optimalisasi Fungsi Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah... (Download)
Hidayatul Muniroh, Kontribusi Pengasuh Meningkatkan Hafalan Al-Quran ...(Download)
Abu Bakar, Peran Pimpinan Ranting Muhammadiyah Desa Puro ...(Download)
Yanti, Peran Pimpinan Ranting Muhammadiyah... (Download)

PSIKOLOGI PENDIDIKAN (Ma'arif Jamuin)
Pengantar belajar Psikologi Pendidikan
Sekedar tambahan dari apa yang telah mahasiswa PAI pelajari, Thorndike (Download)
Sekedar mengingat kembali apa itu Psikologi (Download)
Mengajarkan Neraka Dengan Metode Amstal, Dyah Walidatun Hasanah (Download)
Mengajarkan Surga Kepada Anak, Abd. Azis (Download)
Mengajarkan Iman Kepada Malaikat, Erma Diah Ayu Aplillia (Download)
Mengajarkan Iman Kepada Rasul, Anggita Citra Dewi (Download)
Mengajarkan Iman Kepada Kitab Al-Quran, Muhammad Iksan (Download)
Pembelajaran Surga Dengan Teori Kognitif, Woro Ayu Wigati (Download) 
Pembelajaran Rukun Iman Kepda al-Quran, Mukhtar Hidayatulloh, (Download)
Menanamkan Keimanan Kemukjizatan Kitab al-Quran, Wahepi Suhartatik (Download)
Menanamkan Iman Kepada Malaikat, Syifa Aktavia (Download)
Pembelajaran Iman Kepada Qadha' dan Qadar, Deni Alfian (Download)
Mengajarkan Iman Kepada Surga Dengan Teori Humanistik, Riggina Azhani (Download)
Mengajarkan Iman Kepada Allah, Mardani (Download)
Mengajarkan Iman Kepada Malaikat, Tety Marzukhoh (Download)
Mengajarkan Iman Kepada Kitab al-Quran, Aly Imron (Download)
Pembelajaran Hari Kiamat, Fahmawati (Download) 
Hari Kiamat, Erni Dwi Lubis (Download) 
Mengajarkan Materi Hari Kiamat, Farvin Sabila Martin (Download)
Mengajarkan Iman Kepada Kitab al-Quran, Muhammad Iksan (Download)
Mengajarkan Iman Kepada Malaikat Roqib dan Atid, Muh. Azam KB, (Download)
Aplikasi Teori Belajar Jerome Bruner Dalam Mengajarkan Surga, Suwanti, (Download)

UNDANG-UNDANG DAN PERATURAN MENTERI
Undang-Undang Guru dan Dosen (Download)
Undang-Undang Pendidikan Nasional (Download)
Permendikbud No. 49/2014 (Download)
Permendikbud (Lampiran) No. 49/2014 (Download)

PENYUSUNAN KURIKULUM BERBASIS KKNI
Perpres No. 8/2012, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) (Download)
Perpres (lampiran) No. 8/2012, KKNI (Download)
Permendikbud No. 73/2013, KKNI (Download)

SOSIALISASI KKNI
Sosialisasi KKNI-1 (Download)
Sosialisasi KKNI-2 (Download)
Sosialisasi KKNI-3 (Download)
Sosialisasi KKNI-4 (Download)
Usulan Model Liliana Sugiharto (Download)

PANDUAN PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA (PKM)
Panduan PKM 2013 (Download)

KHUTBAH IEDUL ADHA
Marpuji Ali, Khutbah Iedul Adha 1435 H (Download)

Open Lecture
Wednesday, 17 of September 2014
12.30 to 15.00 WIB
Auditorium Mohamad Djazman
Universitas Muhammadiyah Surakarta

Dr. Mohammed MT. Khoory
Networks of Dakwah and Educations:
Strengthening Indonesia from Dubai in Three Decades
                             
Abstract
It has been almost three decades, the donor from Dubai through the Asia Muslims Charity Foundation (AMCF) and Muhammadiyah Indonesia, have worked together on strengthening the deep-rooted people in remote areas of Indonesia, to have education, health services, and dignity.

What the AMCF have done together with Muhammadiyah on strengthening the deep-rooted people in remote areas of Indonesia will be presented by Mohammed MT. Khoory, as a donor of the AMCF, with the topic of “Networks of Dakwah and Educations: Strengthening Indonesia from Dubai in three decades”, at the Auditorium Mohamad Djazman, Muhammadiyah University of Surakarta (Ma’arif Jamuin) (Download)

Materi Kuliah Terbuka Syeihk MT. Khoory-1 (Download)
Materi Kuliah Terbuka Syeihk MT. Khoory-2 (Download)
Materi Kuliah Terbuka Syeihk MT. Khoory-3 (Download)


Modal utama Ajuan Penulisan Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam 

1. Pilih/buatlah Judul Definitif (Batasi penelitihannya, misal dari tahun 2014-2016).
2. Latar Belakang Masalah (Deskripsikan alasan ilmiah kenapa memilih judul tersebut).
3.  Deskripsikan Teori Apa yang dipakai (memfokus terhadap pokok masalah pada judul yang dipilih).
4. Deskripsikan Metode Pengumpulan Data (spesifik dan relevan terhadap pokok masalah yang diteliti).
Misal, wawancara, ditujukan kepada siapa dan untuk mengambil data jenis apa? Observasi langsung, ditujukan kepada apa/siapa dan untuk mengambil data yang seperti/jenis apa?, dan seterusnya.
5. Deskripsikan Metode Analisis Data-nya (pilih salah satu, misal, deduktif, induktif, eklektif, korelatif, komparatif, hermenitik, content analisys, historis, dan seterusnya.  
Catatan:
Secara sederhana, teori merupakan penjelasan secara ilmiah dan sistematis tentang cara, teknik, prosedur, pola, model dan sistem terhadap subjek (judul) yang diteliti.
(A theory is a set of interrelated constructs (concepts), definitions, and prepositions, that present a systematic view of phenomena by specifying relations among variables with the purposes of explaining and predicting the phenomena) Ma’arif Jamuin, PKJ Tugas Akhir.