LOKAKARYA NASIONAL PENYUSUNAN KURIKULUM BERBASIS KKNI

Alhamdulillahi Rab al-‘Aalamin.
Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI/Tarbiyah) Universitas Muhammadiyah Sarakarta mendapat kesempatan belajar bersama menyusun Kurikulum Berbasis KKNI dengan teman-teman Prodi PAI, Prodi PGMI dan Prodi-Prodi Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) Muhammadiyah se Indonesia.
Lokakarya Nasional penyusunan kurikulum berbasis KKNI ini dilaksanakan tanggal 14-16 Desember 2014 di hotel Grand Quality Jogjakarta, oleh Majelis DIKTI Muhammadiyah. Prodi PAI UMS mengutus  3 orang yaitu saudara Zaenal Abidin, Ma’arif Jamuin dan Mahasri Shobahiya. Lokakarya ini merupakan putaran ke 4 yang dihadiri Ketua Prodi, Sekretaris Prodi dan wakil Dosen Prodi LPTK Muhammadiyah yang mencapai 235 peserta dari seluruh Indonesia yang mendapat jadwal kali ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam UMS bersama prodi sejawat mampu merumuskan draft kurikulum PAI berbasis KKNI yang meliputi Program Learning Outcome, Course Learning Outcome, Identifikasi Bahan Kajian, Struktur Kurikulum dan Rancangan Pembelajaran Semester.
Semua itu menjadi hasil bersama dan akan disempurnakan dan disesuaikan dengan kekhasan lokalitas oleh prodi masing-masing Universitas dan Sekolah Tinggi Muhammadiyah. Setelah revisi rumusan kurikulum PAI berbasis KKNI selesai, selanjutnya, akan diajukan kepada Dikti Muhammadiyah dan diteruskan kepada Kemenag sebagai keputusan pemerintah. Selanjutnya ajuan kurikulum tersebut menjadi dasar penetapan PDPT. (m.jamuin)