ROADMAP PENELITIAN DAN PENGABDIAN

Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam melakukan workshop tentang Road Map Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat untuk jangka waktu 10 tahun dari 2016-2026. Workshop Road Map Penelitian dan Pengabdian ini berlangsung dalam dua sesi, yaitu 23 Juni 2016 dan 27 Juni 2016, masing-masing mulai pukul 08.00-15.00.
Dalam acara workshop sesi I diikuti seluruh dosen Fakultas Agama Islam dan difasilitasi oleh  Prof. Markhamah dan Dr. Mohammad Thoyibi. Pada workshop sesi II, diikuti oleh dosen Prodi Pendidikan Agama Islam, yang difasilitasi oleh Ma'arif Jamuin dan menghasilkan kerangka utama penelitian dan pengabdian 2016-2026 dalam deret kategori yang meliputi: Isu Strategis, Konsep Pemikiran, Alternatif Solusi, Topik Riset, Tahun Pelaksanaan dan Skim Penelitian.
Dalam rentang waktu tersebut, Prodi PAI sepakat membuat Road Map penelitian dan pengabdian memfokus kepada Isu Strategis yang mencakup dua hal pokok, yaitu: (1) Masalah melemahnya karakter dan daya saing bangsa serta kehidupan beragama; (2) Peningkatan aktualisasi kehidupan beragama.
Adapun konsep pemikiran dari isu strategis ini meliputi: (1) Muhammadiyah menjadi bagian penting dari sistem pendidikan nasional; (2) Peningkatan aktualisasi kehidupan beragama, terutama pada anak dalam pembangunan bangsa; (3) Kajian terhadap berbagai gerakan Islam di Surakarta kurang komprehensif, lebih fokus kepada tipologi ideologi gerakan. (Ma'arif Jamuin)