WORKSHOP KEAHLIAN DOSEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM



Workshop ini diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta, selama 2 (dua) hari: Jum’at-Sabtu, 22-23 Januari 2016. 
Para peserta didampingi para fasilitator dalam kerangka menyempurnakan Rencana Perkuliahan Semester (RPS) dan Rencana Kegiatan Perkuliahan Mingguan (RKPM) yang telah memperoleh masukan dan feedback dari para pengembang kurikulum baik di tingkat fakultas maupun universitas. Inti masukannya adalah agar RPS dan RKPM untuk mata kuliah yang berbasis kependidikan diarahkan pada penyiapan calon guru PAI di SMP dan SMA untuk implementasi kurikulum 2013.  
Materi utama yang dibahas adalah RPS dan RKPM mata kuliah berbasis kependidikan, terdiri atas 8 (delapan) mata kuliah. Kedelapan mata kuliah tersebut adalah: (1) Pendidikan Akidah, (2) Pendidikan Akhlaq, (3) Pendidikan Al-Qur’an, (4) Pendidikan Hadis, (5) Pendidikan Fiqih, (6) Pendidikan Sejarah Peradaban Islam, (7) Pendidikan Kemuhammadiyahan, dan (8) Pendidikan Bahasa Arab. Adapun materi pendukungnya adalah desain tujuan pembelajaran, desain materi,  desain strategi pembelajaran, dan desain evaluasi pembelajaran PAI di SMP/MTs dan SMA/MA. (ma'arif jamuin)

Workshop ini lebih berorientasi kepada proses di samping menghasilkan produk (work/karya). Peserta terlibat aktif dalam memanfaatkan standar isi pendidikan dasar dan menengah dalam koridor Peraturan Pemerintah (Permen) Pendidikan Dasar dan Menengah No. 64 Tahun 2013, dan atau memanfaatkan Kurikulum 2013 untuk SMP/Mts dan SMA/MA ke dalam penyempurnaan RPS dan RKPM, yang pada gilirannya akan menghasilkan karya.
Outcome workshop ini, seluruh peserta diharapkan telah memiliki pengalaman dalam mendesain RPS dan RPKM berbasis pada standar isi pendidikan dasar dan menengah dalam bentuk: (1) RPS dan RKPM Pendidikan Akidah, (2) RPS dan RKPM Pendidikan Akhlaq, (3) RPS dan RKPM Pendidikan Al-Qur’an dan Hadis, (4) RPS dan RKPM Pendidikan Fiqih, (5) RPS dan RKPM Pendidikan Sejarah Kebudayaan Islam, dan (6) RPS dan RKPM Pendidikan Kemuhammadiyahan.

TUJUAN WORKSHOP
Workshop ini memfasilitasi para peserta dalam menyempurnakan RPS dan RKPM mata kuliah berbasis pendidikan, terdiri atas 6 mata kuliah. Keenam mata kuliah tersebut adalah: (1) Pendidikan Akidah, (2) Pendidikan Akhlaq, (3) Pendidikan Al-Qur’an dan Hadis, (4) Pendidikan Fiqih, (5) Pendidikan Sejarah Kebudayaan Islam, dan (6) Pendidikan Kemuhammadiyahan.

MATERI
Materi workshop ini adalah sebagai berikut:
  1. Membahas Outline Workshop Perbaikan RPS dan RKPM untuk Mata Kuliah Berbasis Kependidikan.
  2. Menelaah Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran PAI di SMP/MTs dan SMA/MA berbasis kurikulum 2013.
  3. Mendesain Capaian Pembelajaran Perkuliahan untuk Mata Kuliah Berbasis Kependidikan.
  4. Mendesain Materi Pembelajaran untuk Mata Kuliah Berbasis Kependidikan.
  5. Mendesain Metode Pembelajaran untuk Mata Kuliah Berbasis Kependidikan.
  6. Mendesain Evaluasi Pembelajaran untuk Mata Kuliah Berbasis Kependidikan.
AKTIVITAS DI KELAS
Kegiatan ini dilakukan dengan model workshop untuk membahas materi I, II, III, IV, V, dan VI. Peserta pada model workshop ini adalah khusus dosen pengampu mata kuliah berbasis kependidikan yang berjumlah 15 orang. Model workshop ini menggunakan pendekatan andragogi dengan maksud agar pola pembelajaran di kelas dapat berlangsung secara partisipatif  dan interaktif. Berbagai pengalaman yang digali dari para peserta akan dijadikan sumber inspirasi dan untuk sharing ideas. Metode diskusi dan kolaborasi akan lebih sering digunakan sehingga tujuan pembelajaran lebih mudah tercapai di samping suasana kelas workshop menjadi hidup. Juga, teknik interactive-lecturing masih tetap digunakan untuk menjelaskan dan memperkaya pengalaman, wawasan, dan pengetahuan yang dimiliki. Selain itu, hal penting adalah upaya membangun komunikasi dan feedback yang konstruktif antara sesama peserta. Para fasilitator akan memberikan feedback terhadap kemajuan yang dicapai oleh peserta.
Para fasilitator yang diharapkan mendampingi para peserta workshop adalah: (1) Dr. Abdullah Aly, M.Ag., (2) Dra. Chusniatun, M.Ag., (3) Dra. Mahasri Shobahiya, M.Ag.