WORKSHOP PEMBERDAYAAN PESANTREN



Sekolah Pascasarjana Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta mengadakan “Workshop Pemberdayaan Pesantren” dalam fakus materi “Desain Pembelajaran untuk Pengembangan Pemahaman Keislaman yang Rahmatan Lil’alamin di Kalangan Pondok Pesantren di Solo Raya”, 27-28 Nopember 2015.
Sesi pertama, materi pokok disampaikan oleh Dr. Hamim Ilyas, dari UIN Yogyakarta, yang berhasil meletakkan secara strategis dan mendalam tentang Kerangka Membangun Pemahaman Rahmatan Lil’alamin bagi Konstruksi Ilmu-Ilmu Agama Islam. Fokus materinya adalah bagaimana Menggali Nilai-Nilai Rahmatan Lil’alamin Agama Islam. (ma’arif jamuin)
Sejumlah 70 peserta hadir dalam workshop tersebut. Kini, para Pengelola Pondok Pesantren di Solo Raya, memiliki keteguhan pikir dan hati tetang bagaimana mendesain program pembelajaran berdasar Nilai-Nilai Rahmatan Lil’alamin dalam al-Quran dan Sunnah Rasul Muhammad SAW tersebut.
Materi berikutnya adalah (1) Mengembangkan Bahan Ajar Keislaman yang Rahmatan Lil’alamin; (2) Simulasi Pengembangan Concept Map untuk Bahan Ajar yang Rahmatan Lil’alamin; (3) Mendesain Strategi Pembelajaran yang Inovatif untuk Pengembangan Pemahaman Islam yang Rahmatan Lil’alamin; (4) Simulasi Strategi Pembelajaran Inovatif untuk Pengembangan Pemahaman Islam yang Rahmatan Lil’alamin; (5) Mendesai Evaluasi Hasil Belajar PAI yang yang Rahmatan Lil’alamin; dan (6) Praktik Individual membuat Concept Map pembelajaran yang Rahmatan Lil’alamin.
Para fasilitator untuk workshop tersebut, di antaranya adalah Prof. Dr. Khudzaifah Dimyati, M.Hum., Prof. Dr. H. Abdurrahman Ma’ud, Ph.D., Dr. Waston, Dr. H.M. Hamdar Arraiyyah, M.Ag., Dr. Sudarno Shobrton, M.Ag., Dr. Sekar Ayu Ariyani, Dr. Abdullah Aly, M.Ag., Dr. Badaruddin, M.Ag., M. Muhatrom, SH, MH., Dr. Hisyam Zaeni, Dra. Mahasri Shobahiya, M.Ag., dan Dr. M.A. Fattah Santoso, M.Ag.